Ciri Khas Cupang Mouth Brooder - Info Seputar Cupang

Pusat Informasi Ikan Cupang

Latest Update
Fetching data...

Monday, January 15, 2018

Ciri Khas Cupang Mouth Brooder

Perilaku ikan cupang adu jantan atau Mouth Brooder yang termasuk dalam kelompok ini ialah memunguti telur yang sudah terbuahi dan memasukkannya kedalam mulut sampai menetas, biasanya telur di dalam mulut jantan ini membutuhkan waktu selama tiga (3) hari hingga menetas. Sebelum menetas, cupang jantan berpuasa dan menghindari kontak fisik dengan jantan lain. Begitu menetas, anak-anaknya segera dikeluarkan dari mulut di permukaan air. Walaupun sudah dikeluarkan dari mulut, induk jantan tersebut tetaplah berjaga-jaga melindungi anaknya.

Jika ada bahaya, anak-anaknya segera dimasukkan kembali ke dalam mulutnya.  Setelah berumur satu minggu, anak-anak cupang atau burayak sudah bisa mencari makan sendiri.

Bila ada bahaya, induk jantan tidak lagi melindungi anak-anaknya dengan cara memasukkannya ke dalam mulut, tetapi hanya sekadar berjaga-jaga di dekatnya. Perilaku ini dilakukan induk jantan sampai umur satu bulan.  Beberapa cupang adu yang berkembang biak dengan cara ini antara lain Betta Pwenar, Betta tacniata, Betta macrostoma, Betta animandara, Berta picta, Betta anabantoide, Berta edithae (Betta brederi) dan Betta ferschl.


EmoticonEmoticon