Cara Merawat Indukan Cupang - Info Seputar Cupang

Pusat Informasi Ikan Cupang

Latest Update
Fetching data...

Wednesday, January 17, 2018

Cara Merawat Indukan Cupang

Keberhasilan budidaya ikan cupang hias, sebagaimana budidaya ikan hias pada umum nya, sangat tergantung pada pemilihan atau penyeleksian indukan yang akan digunakan. Selama proses perawatan ini, hal yang perlu menjadi perhatian serius adalah pemberian menu pakan dan penggantian air secara teratur.


Pakan yang harus diberikan sebaiknya berupa pakan hidup,  misal jentik nyamuk. Kelebihan jenis pakan ini adalah mampu merangsang kematangan sel telur, pertumbuhan lebih stabil, dan warna tubuhnya lebih cemerlang. Penggantian air dapat dilakukan dengan jalan penyifonan.


Penyifonan bertujuan untuk membuang kotoran-kotoran yang ada dalam akuarium,  dan selanjutnya mengganti air yang terbuang dengan air yang baru yang telah disiapkan sebelumnya. Kegiatan ini harus dilakukan minimal 2 hari sekali. Air yang diunakan sebagai media pemeliharaan dan perawatan induk ini merupakan campuran air bersih dan air rebusan daun ketapang. Komposisi yang disarankan adalah 1:10. Tambahkan pula kedalamnya garam dapur sebanyak setengah sendok teh. Sebelum digunakan, sebaiknya air tersebut diendapkan kurang lebih selama 24 jam.


EmoticonEmoticon