Daya Tarik Cupang Adu - Info Seputar Cupang

Pusat Informasi Ikan Cupang

Latest Update
Fetching data...

Monday, April 30, 2018

Daya Tarik Cupang Adu

Hobi mengadu cupang ibarat orang yang suka mengadu ayam. Jalannya pertarungan yang diiringi dengan aturan pasti menimbulkan rasa tegang penontonnya. Kepuasan akan tercapai kalau cupang jagoannya memenangkan pertarungan, Diaku mengenai jalannya pertarungan, gaya bertarung, dan cara melatih nya untuk menjadi jagoan merupakan topik menarik bagi penggemar cupang adu.
Daya tarik menjadi kian besar tatkala cupang adu benar-benar dipersiapkan untuk menjadi petarung handal. Untuk memperoleh cupang jagoan ternyata tidak hanya sekadar mengandalkan ukuran tubuh, spesies, dan harga, tetapi juga harus melalui proses latihan. Proses latihan dapat dimulai sejak anak cupang berumur 3 bulan. Lama penggemblengan sekitar 4 bulan.


Upaya mendapatkan cupang adu jagoan merupakan rangkaian proses yang sangat menarik untuk diamati. Mulai dari memilih jenis, menyeleksi bakalan, hingga melatihnya setiap hari dengan berbagai metoda memerlukan ketekunan dan pengetahuan.

Memilih jenis yang andal, misalnya, memerlukan pengetahuan mengenai ciri khas setiap spesies. Bila tujuannya untuk mencari induk maka salah mengidentifikasikan ciri spesies akan berakibat fatal. Bisa saja yang akan dicari adalah induk bergaya tarung fighter murni, tetapi ternyata yang terpilih justru induk cupang hias. Padahal, sampai kapan pun keturunan cupang hias tidak akan layak menjadi petarung.

Kegiatan menarik lain di seputar cupang adu adalah melatihnya agar menjadi petarung andal. Tahapan pelatihan cupang adu tidak hanya sekadar diletakkan dalam tabung plastik “yanour", lalu disuruh berenang naik turun. Teknik itu terlalu sederhana karena hanya dapat memperpanjang kekuatan napas cupang adu. Untuk itu, modul pelatihan tersebut masih harus ditambah dengan diet ketat dan pemberian bahan kimia. Pemberian bahan kimia ini bertujuan untuk memperkuat gigi dan sisik ikan. Ada pula metoda khusus untuk mempertinggi daya tahan tubuh dan memperkuat mental sehingga ikan tidak mudah menyerah. Semua itu memer, luka proses yang cukup menarik untuk dinikmati penggemarnya.

Bagi penangkar dan penjual, daya tarik utama cupang adu adalah tingkat harga jualnya yang tinggi. Penggemarnya yang sangat beragam, dari anak kecil sampai dewasa dengan berbagai kelas ekonomi dan sosial, menyebabkan pasarnya sangat terbuka. Untuk anak-anak, dapat disediakan cupang seharga Rp. 1.500 - Rp. 3.500 per ekor. Untuk dewasa dari kalangan ekonomi menengah ke bawah, kualitasnya dapat lebih ditingkatkan dengan harga yang juga sedikit lebih mahal. Sementara untuk penggemar kalangan ekonomi tinggi, cupang dari luar negeri merupakan peluang usaha menarik.
Ditinjau dari peralatannya, yang perlu disediakan tidaklah terlalu banyak. Hanya dengan stoples kecil dari kaca atau plastik, cupang adu ini sudah bisa duajakan di pinggiran jalan dan pasar. Perawatannya tidak terlalu sulit. Makanannya hanya kutu air yang mudah dibudidayakan dan jentik nyamuk. Terkadang cupang adu ini diberi daging udang yang sudah dihancurkan. Sementara pergantian air agar ikan tetap sehat hanya sekali setiap tiga hari.




ikan cupang aquascape




EmoticonEmoticon