Sirip Ikan Cupang Anda Rusak, Ini Perawatannya

JIka sirip ikan cupang ada yang terluka atau robek, berikut tips cara perawatan agar sirip ikan yang robek tadi cepat tumbuh kembali dengan sempurna  dan panjang 

1. Rajin menguras  air tiap 2-3 hari sekali ( cukup setengahnya saja yang dikuras) setelah 2 minggu baru ganti total airnya. ( jika yang dipakai air PDAM, endapkan dulu air selama satu malam atau 24 jam)


Saat menguras total air aquarium, usahakan sirip ekor tidak terluka atau robek lagi, terutama untuk jenis cupang halfmoon [baca juga jenis jenis ikan cupang] harus ekstra hati hati.
 
2.  Beri daun ketapang kering dalam air yang diendapkan tadi dan ditambahkan dengan garam aquarium

3. Beri pakan ikan yang tepat (usahakan pakan hidup), dan teratur 2 kali sehari, pagi setelah di jemur dan sore sekitar jam 17.00 WIB

4. Sebelum ekornya tumbuh, jangan diperlihatkan dulu dengan ikan cupang yang lainnya. 

5. Jangan lupa juga diberi cairan blizt (cairan yang warna biru, biasanya untuk mengobati pada cupang yang sakit ) untuk menghindari jamur pada ikan


Beberapa manfaat daun  ketapang : 

  • Daun ketapang mengandung bahan alamai antobiotik yang dapat mengendalikan pertumbuhan parasit disekitarnya. Pemanfaatan daun Ketapang pada ikan Cupang adalah untuk menghambat pertumbuhan jamur atau bakteri lain yang ada pada tubuh ikan, sehingga ikan akan lebih sehat.
  • Daun Ketapang memiliki kemampuan untuk mengendalikan kondisi Ph air agar tetap stabil. Sehingga beberapa makhluk hidup yang tinggal di dalam air tersebut merasa nyaman, termasuk ikan Cupang.
  • Dan manfaat selanjutnya yang sangat berpengaruh pada ikan Cupang saat ekor dan siripnya rusak adalah membantu merangsang sel regenerasi ekor ikan Cupang rusak untuk mengembalikan bagian tubuh yang rusak atau hilang. Diprediksikan sistem kerja dari manfaat daun Ketapang ini adalah dengan menghilangkan tingkat stress ikan dan memaksimalkan pertumbuhan sel ikan.
Cupang Halfmoon orange, sirip mulai tumbuh lagi
contoh ekor cupang yang sudah mulai tumbuh kembali, ada daun ketapangnya juga



Add Comments


EmoticonEmoticon