Cara Merawat Ikan Cupang Agar Tidak Cepat Mati - Info Seputar Cupang

Pusat Informasi Ikan Cupang

Latest Update
Fetching data...

Saturday, November 16, 2019

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Tidak Cepat Mati

Berikut berbagai tips cara merawat ikan cupang agar bertahan lama

1. Pilih Ukuran Wadah Yang Pas

Ikan cupang dapat bertahan hidup di dalam aquarium ukuran apa saja, namun lebih baik memeliharanya dalam aquarium yang kecil saja., misal aquarium diameter ukuran 15x15x20 cm. dapat juga ditambahkan batu batu kecil sebagai hiasan agar nampak lebih indah.

2. Air Untuk Ikan Cupang

Sangat direkomendasikan untuk merawat ikan cupang dengan air tawar, karena memiliki karakteristik yang tidak jauh dengan habitat aslinya; yaitu di rawa rawa dan persawahan.

Namun jika terpaksa, bisa juga menggunakan air PAM yang sudah diendapkan dahulu minimal semalam. hindari menggunakan kloramin dan klorin karena berbahaya buat ikan cupang kesayangan Anda.

3. Cara Pengisian Air

Bila menggunakan wadah ikan yang tanpa penutup, sebaiknya isilah air sekitar 70-80 % saja. Hal ini berguna biar ikan tidak melompat keluar.

4. Cara Memasukkan Ikan Pada Wadah Yang Baru

Lakukan secara hati hati, masukkan ikan bersama dengan kantong plastiknya, agar ikan menyesuaikan dengan suhu di wadah/ aquarium. jika susah dirasa cukup masukkan ikan kedalam aquarium yang baru tersebut. hindari penggunaan jaring ikan, karena akan merusak siripnya.

5. Cara Mengganti Air

Pindahkan dulu ikan cupang ke wadah sementara. Pindahkan ikan dengan saringan khusus, jangan menggunakan tangan karena bisa merusak sirip dan ekor. Bersihkan wadah dari kotoran dan lendir yang menempel. jangan memakai sabun karena akan meracuni ikan, cukup menggunakan sponge hingga bersih. jika ada batu dan aksesoris lainnya, bersihkan juga semua.

Setelah selesai isi wadah dengan air yang sudah diendapkan menggunakan daun ketapang, lalu masukkan ikan cupangnya. Gantilah air tersebut minimal 3 hari sekali. atau lebih sering diganti juga lebih baik untuk pertumbuhan ikan cupang.

6. Jemur Ikan Cupang

Untuk memperoleh warna ikan cupang yang indah dan cantik adalah dengan menjemurnya.
Aktivitas ini bertujuan agar ikan lebih fresh, sekaligus membunuh bakteri dan jamur yang ada dikulit ikan dan wadahnya.
lakukan penjemuran seminggu sekali saja, kecuali untuk ikan cupang berwarna dominan gelap sebaiknya tidak dijemur karena akan membuatnya panik. penjemuran dilakukan antara pukul 8.00 s.d 10.00 pagi selama 15-30 menit saja.

7. Makanan Ikan Cupang

Selain beberapa tips diatas, cara lain untuk mendapatkan ikan cupang yang warnanya bagus dan tetap cantik adalah memperhatikan asupan makanannya. Makanan yang baik antara lain Kutu Air, Udang, Tanaman Spirulina, jentik nyamuk dll


Semoga informasi diatas membantu para sahabat penghobi ikan cupang! 



EmoticonEmoticon