CUPANG ADU BETA PUGNAX

Sumber foto : seriouslyfish
Cupang Adu Betta Pugnax yang juga disebut juga forest betta memiliki bentuk tubuh yang pipih (compressed).

Cupang Adu Betta Pugnax merupakan jenis ikan cupang Mouthbrooder. Pada sisi tubuhnya terdapat tiga buah guratan berwarna abu-abu kehitaman. Tubuhnya berwarna abu-abu kehijauan dengan sirip hijau bening.

Sirip anal pendek dan kaku dengan warna bening. Sirip insang bening.

Di bagian pangkal sirip insang ini terdapat satu garis hitam horizontal kea rah mulut.

Panjang tubuh dewasanya sekitar 10 cm.

Cupang Adu Betta Pugnax ini hidup di air dengan pH 7,2, suhu maksimum 24º C,dan kesadahan 10º


ETIMOLOGI

Spesies julukan berasal dari bahasa Latin pugnax, yang berarti 'suka perang, siap untuk melawan'. Ini mungkin referensi terhadap sifat suka bertengkar dari spesies terhadap individu sejenis.

Holotipe untuk Betta macrophthalma ditemukan menjadi remaja Betta pugnax, menyoroti kebingungan sejarah atas identitas dan deskripsi spesies.

DISTRIBUSI ASLI
Betta pugnax dapat ditemukan di seluruh Semenanjung Malaysia, di negara bagian Penang, Kedah, Terengganu, Pahang, Perak, Selangor dan Johor,
Singapura, Kepulauan Anambas, Riau Kepulauan, Lingga Archipelago, dan Riau dan Jambi di Sumatera.

HABITAT
Pada jenis lokalitas (Penang, Malaysia), Betta pugnax mendiami jelas, lambat ke cepat mengalir bukit-sungai dan perbukitan, dengan underlying substrat berpasir dan batu, dan sedikit atau tidak ada vegetasi terendam.

Habitat utama yang dangkal (dalam 10-80 cm), daerah stagnan ditandai dengan menjorok vegetasi Bank dan akar yang terkait, dan terendam serasah daun. Waters yang netral sampai sedikit basa, pH sekitar 7,4 (Tan & Ng, 2005). Linke (1992) mencatat suhu air dalam koleksi daerah pada 26 ° C, jatuh ke 22 ° C di musim hujan.

Di Singapura, Betta pugnax dapat ditemukan di enam daerah yang dirahasiakan di sekitar Cagar Alam,

Di mana ia mendiami sungai kecil, cepat mengalir bukit-stream  dan sungai dataran rendah lebih besar. Aliran tersebut cenderung asam.



Add Comments


EmoticonEmoticon